Laman

Senin, 12 September 2011

Keindahan Pulau Beras Basah




Kemana rencana anda liburan di weekend kali ini? Kalo  masih bingung, ada pilihan tempat liburan yang sangat menarik yang akan saya tawarkan. Pulau Beras Basah di Kota Bontang menjadi salah satu objek wisata yang wajib anda kunjungi. Awalnya saya juga tidak menyangka ada pulau kecil di Kota Bontang seindah pulau beras basah. Kenapa dinamakan beras basah? Informasi yang saya dapatkan karena dulunya ada kapal besar yang membawa beras dari Sulawesi. Dalam perjalanannya, kapal ini diterjang ombak besar. Khawatir tenggelam, muatan pun diturunkan di pulau ini. Beras pun menjadi basah oleh siraman ombak, sehingga sejak itu disebut Pulau Beras Basah. Pulau dengan pantai pasir putih ini merupakan tempat rekreasi yang menarik sambil menikmati keindahan panorama laut selat Makassar. Akses untuk mengunjungi Pulau Beras ini dapat melalui Dermaga PT Badak, PT PKT atau dermaga Tanjung Limau, Pelabuhan Tanjung Laut,  Pelabuhan Loktuan dan Bontang Kuala dengan mengunakan speed boat atau kapal motor. Jarak yang ditempuh kurang lebih 7 km dari Kota Bontang atau sekitar setengah jam perjalanan.  Selama perjalanan, saya menikmati pemandangan air laut yang sangat jernih, saya bisa melihat biru nya air laut dan hijau nya tumbuhan laut di dasar nya.  Dari kejauhan akan tampak pulau kecil yang akan kita datangi  dengan sensasi seperti mendatangi pulau pribadi. Sungguh menakjubkan pesona pulau ini .






Sesampai di pulau ini terdapat dermaga untuk tempat bersandar speed boat dan perahu motor penumpang kemudian kita dapat melewati jembatan yang terbuat dari kayu ulin hingga sampai ke tepi pantai pulau ini.  Pantainya yang berpasir putih lembut sangat memesona dengan air laut yang sebening Kristal. Pulau ini mempunyai daya tarik sendiri dengan keheningan alami yang menakjubkan. Garis pantainya yang melengkung membingkai air laut yang berwarna biru kehijauan. Bentangan pasirnya yang berwarna putih kecokelatan seperti merica. Lapisan pasir yang kelembutannya seperti sebuah bentangan karpet tebal yang empuk sehingga  kaki terasa tenggelam dalam pasir dan telapak kakimu seperti dipijat digelitiki oleh butiran halusnya.



Pulau ini sangat cocok bagi anda ingin berlibur bersama keluarga, teman teman ataupun bagi anda yang ingin menikmati suasana ketenangan. Panorama pohon kelapa yang tidak terlalu tinggi membuat keunikan tersendiri di pulau ini. Selain pulau ini sangat bersih dan asri terdapat juga keunikan lain dari Pantai Beras Basah ini, yaitu menara mercusuar yang berwarna putih yang terletak di tepi pantai yang memberikan ciri khas pesona pulau ini.





Tentu saja anda akan terkagum melihat keindahan pulau ini karena pulaunya sangat bersih sehingga cocok sekali bagi anda yang menyukai suasan pantai yang bersih dan tenang. Anda dapat berenang, memancing ataupun menikmati keindahan bawah laut dengan snorkeling, menyelam  dan diving. Tentu saja pantai ini memberikan keindahan dan kesan tersendiri. Jadi apabila anda ingin menikmati liburan yang menyenangkan dan serasa mempunyai pulau sendiri karena ketenangannya, Pulau Beras Basah adalah pilihan yang tepat untuk dikunjungi.








8 komentar:

  1. aku suka foto2nya ron.. keren2 bgt

    BalasHapus
  2. km udah kesini blom? gak kalah keren loh ama phra nang thailand, atau phi phi puket heheeeee

    BalasHapus
  3. blom sempet kesanaaa.. dulu ke Btg cm smpt ktmu pacar (upss calon pacar) doanggg.. wkwkkwk :D

    BalasHapus
  4. hahaaa... tapi smpat ke btg kuala khan

    BalasHapus
  5. alhamdulillah sempettt.. sm ke kafe singapore juga sempett.. :D

    BalasHapus
  6. berarti guide nya lumayan berhasil

    BalasHapus