Laman

Kamis, 29 September 2011

sisi lain dari arti kata "SENDIRI"


Tidak ada yg menginginkan kesendirian di dalam hidup ini. Hal yg biasa dihindari adalah apabila kita sedang sendiri. Apalagi kalo dikondisi gak punya ide untuk ngapain, merasa nothing du no. Dan lebih parahnya lagi apabila di dalam keramaian trus kita masih merasa sendiri. Tentu saja perlu penanganan khusus untuk situasi tersebut. Karena itu yang dinamakan kehampaan. Pernahkan anda merasa hampa? Semoga tidak. Perasaan hampa biasanya disebabkan adanya kekosongan di dalam pikiran dan perasaan kita. Ntah kehilangan sesuatu atau seseorang  yg paling berharga yg pernah ada, ataupun yg tidak pernah ada sekalipun. 
 Okay, byk hal yg bisa dilakukan untuk mengatasi hal tsb, biasanya berdasarkan dari orang yg sudah berpengalaman dalam kondisi ini (hmm.. sumbernya sebagian berasal dari sang penulis). Yaitu every single day, lakukanlah hal2 kecil yg something different, sehingga kejenuhan dapat teratasi. Atau sekedar menyalurkan hobby, misalnya olahraga, membaca atau menulis. Selain itu hal lain yg sering aku lakukan adalah pergi ke bioskop dan menonton film yg waktu tayangnya yg paling dekat. Cara ini adalah cara yg paling ampuh dan jitu untuk spending time sambil ngemil nachos atau pop corn ukuran large. (sekedar usul, jgn lakukan nonton sendiri ini disaat tubuh drop dan di malam hari). Berdasarkan pengalaman pribadi saat ketiduran di dalam bioskop nonton midnight. Itu hal bodoh sekaligus memalukan yg tak perlu dicontoh. Walaupun terkadang bagi banyak orang, nonton sendirian adalah sebentuk keanehan. Justru menurutku yg paling aneh adalah saat ada orang yang sering marah2 sendiri atau senyum dan ketawa2 sendiri gak jelas. (jangan sampe anda melakukannya).
Okelah yang paling penting dan paling enak dinikmati dikala kesendirian adalah disaat waktu gajian tiba dan menghabiskan uang gaji tersebut sendirian. (maaf.. egois dan sedikit pelit). Yak, tentu saja kita sebagai mahluk sosial memang butuh orang lain, terutama sosok tercinta yang hadir untuk melengkapi. Kita tidak mau kan menjadi seperti tokoh utama di film Cast Away yaitu terdampar di sebuah pulau terpencil akibat kecelakaan pesawat. Pemeran di film itu yaitu Tom Hanks mengalami kesendirian selama bertahun tahun tanpa siapa pun di pulau tersebut. (jangan kan bertahun tahun, pengalaman waktu kecil selama 1 jam dikurung di kamar mandi sudah membuat aku ketakutan tak terkira)
Sebenarnya kalo dipikir pikir untuk apa kita takut? Bukannya terkadang kita sangat perlu menikmati kesendirian. Di saat saat tertentu, ada kalanya kita menginginkan kesunyian, ketenangan dan kesendirian di dalam kepenatan hidup ini. Bahkan suasana seperti itu sangat sulit didapat dari hiruk pikuk dan lika liku kehidupan. Oleh sebab itu jangan pernah membebani diri sendiri dan berusaha mati matian menghindari kesendirian. Toh bukannya kita tidak pernah sendiri, ada Allah yg selalu menemani kita bahkan yg paling mengerti tentang diri kita sendiri.
so, apa yg harus ditakutkan?
aku cinta dengan keluargaku,
aku cinta dengan pacarku,
aku juga cinta dengan sahabat dan teman2ku,
Tapi yg paling penting, aku juga cinta diri sendiri (of course).
Karenanya, menikmati waktu dengan diri sendiri, berteman dengan diri sendiri, berdialog panjang dengan diri sendiri. Buat aku adalah keharusan.
Apalagi sebenarnya di ujung hidup ini ada kematian. Sesuatu yang harus benar benar dijalani sendirian. Tanpa teman.

 *dedicated to my friend : Reska Puspita (you're not alone)

3 komentar:

  1. biasa kita merasa sendiri kalau kita punya masalah mas itu sering terjadi apalagi kalau
    orang yang kita harapin buat dengerin masalah atau membantu masalah kita malah gak ada atau gak bisa menolong..tapi of course kita punya Allah tempat pertama buat kita mengadu dan yang selalu ada buat kita so don't be afraid to be lonely

    BalasHapus
  2. so, u show me the meaning of being lonely.. *kaya judul lagu ya? :p

    BalasHapus